Sedot WC Malang

Gaya hidup sehat berawal berasal dari rumah. Pengelolaan limbah rumah tangga yang baik adalah salah satunya.

Tak harus tunggu WC mampet, ada baiknya Anda menyedot septic tank secara rutin. Untuk lebih jelas berkenaan informasi penyedotan WC, kami menyempatkan diri mendatangi area pembuangan limbah yang berada di Duri Kosambi, Jakarta Barat. Kami pun menemui salah satu petugas suku dinas kebersihan Jakarta yang bernama Robert.

"Banyak orang acuh tak acuh untuk persoalan septic tank," ujar Robert memulai pembicaraan.

"Banyak orang yang hingga 10 th. juga belum menyedot septic tank -nya. Padahal, ini benar-benar berdampak tidak baik terhadap kebersihan air mereka," malah Robert.

Menurut Robert, kala penyedotan septi tank yang baik adalah 1 hingga 2 th. sekali. Menurut Suhardi, salah satu petugas jasa sedot WC yang kami temui di lapangan, harga jasa sedot WC berbeda-beda.

"Harga jasa sedot WC dapat tergantung besarnya tangki terhadap truk. Ada truk yang menampung limbah bersama dengan kapasitas 2, 4, hingga 6 per mtr. kubik," ujar pria yang sudah bekerja di bidang sedot WC sejak th. 1989 ini.

"Kalo dilihat berasal dari Perda pemerintah, biaya retribusinya ada Rp 75 ribu per mtr. kubik. Tapi, kecuali di swasta tergantung negosiasi, kebanyakan patokannya antara Rp 75 ribu hingga Rp 100 ribu per mtr. kubik," malah Robert.

Kenyataan di lapangan, ada juga yang langsung mematok harga per mobil. Biasanya pihak swasta mematok harga Rp 300 ribu per satu mobil.

Kebersihan dan kebugaran sebetulnya menjadi segi terutama di rumah. Karena itu, sebaiknya Anda mulai menyimak isi limbah septic tank Anda, sebelum akan air limbah berikut mencemari air bersih di rumah Anda.